Buat Para Orang Tua, Perhatikan 4 Hal Ini Agar Tumbuh Kembang Si Kecil Optimal

Wayan Diananto | 28 April 2019 | 16:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Tahukah Anda, para pakar di bidang kesehatan anak menyebut buah hati kita saat ini hidup di dunia yang terus bergerak (volatile), tidak pasti (uncertain), kompleks (complex) serta ambigu (ambiguous). Di masa depan, persaingan untuk mendapat pekerjaan makin sengit. Cerdas saja tidak cukup. Spesialis anak, dr. Caessar Pronocitro M.Sc, Sp.A, menjelaskan setidaknya ada 3 faktor penting yang berperan dalam tumbuh kembang si kecil.

Hal tersebut terungkap dalam gelar wicara "Raise Them Ready Roadshow" bersama Nutrilon Royal di Jakarta, Minggu (28/4). "Ketiga faktor itu yakni genetik, nutrisi, dan lingkungan termasuk di dalamnya stimulasi. Stimulasi melibatkan multi-sensory dan seringkali berisiko terpapar kuman. Agar anak siap mengeksplorasi dan menerima stimulasi dari luar, ia harus punya daya tahan tubuh yang kuat serta kemampuan berpikir yang baik," terang Caessar kepada tabloidbintang.com.

Sistem daya tahan tubuh semestinya dibangun sejak dini dengan memperhatikan makanan maupun minuman yang diasup si kecil. Sementara stimulasi yang orang tua berikan bermanfaat untuk mendukung perkembangan anak. Jika dilakukan dengan konsisten, akan mendukung kematangan fungsi tubuh antara lain motorik halus, motorik kasar, bahasa, sosial, kemandirian, fisik, kreativitas, hingga kognitif. Satu faktor penting lainnya adalah karakter.

Psikolog anak dan keluarga, Ajeng Raviando, Psi. , M.Si, menjelaskan, penanaman karakter sejak dini membuat anak siap menghadapi situasi tertentu seperti kegagalan, stres, tantangan, dan beradaptasi dengan lingkungan baru. "Ada beberapa karakter yang sebaiknya diasah sejak dini, yaitu berani, percaya diri dan mau mengambil risiko, mandiri, gigih, adaptif, dan banyak akal alias pandai mencari solusi," beri tahu Ajeng.

Nutriclub lewat kegiatan "Raise Them Ready Roadshow" mengajak orang tua mengenal pentingnya nutrisi, stimulasi, dan pembentukan karakter anak. Senior Brand Manager NutrilonRoyal, Diana Beauty, menyatakan, "Kami percaya proses belajar yang paling efektif adalah praktek langsung. Karenanya kami menggelar gelar wicara dan purposeful family date bersama RockStarGym dan Rumah Dandelion. Dalam kegiatan ini kita bisa berbagi informasi dan inspirasi."

Dalam kesempatan ini, diluncurkan pula One Step Ahead Academy yang diperbarui dengan fitur Tes Resiliensi untuk mengidentifikasi karakter si kecil. Tes karakter ini melengkapi fitur tes keterampilan yang diluncurkan sejak 2018 untuk menemukan potensi lewat 6 jenis keterampilan, yaitu kognitif, verbal, motorik halus, kreatif, interaktif, dan fisik.

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait